Virtual Photo Session: Kreativitasmu Tanpa Batas!

Salah satu industri yang terdampak covid-19 adalah bidang fotografi. Secara komersil memang berhenti, namun sejatinya kreatifitas selalu tak berbatas!

foto: koleksi penulis

Empat tahun belakangan, industri fotografi sedang di puncak jayanya. Persaingan jasa bidang visual ini menjajaki segala lini. Dari mulai fotografi produk hingga fotografi perjalanan. Jasa ini menjamah pengguna kamera profesional hingga pengguna kamera ponsel pintar. Semua orang bisa melabelkan diri sebagai fotografer.

Ya, Perkembangan layanan jasa ini memang tidak bisa lepas dari melonjaknya pengguna instagram di kurun waktu tersebut. Social media satu ini membuka cakrawala visual pemilik akunnya yang tidak hanya berdampak pada menjamurnya fotografer baru, tapi juga terbukanya tempat-tempat indah yang layak dijadikan lokasi berfoto. Instagramable istilahnya.

Lalu bagaimana kondisi terkini saat Covid-19 menghampiri Indonesia?

Collapse!

Sebelum pandemi virus corona, dalam sepekan, seorang fotografer bisa menerima setidaknya 5 hingga 6 job memotret acara pernikahan maupun pre wedding. Namun kondisi terbalik sejak pemerintah mengeluarkan larangan masyarakat tidak membuat acara yang mengundang keramaian, seperti pesta pernikahan maupun acara-acara lainnya, selama pandemi vius corona.

Industri fotografi produsen gear seperti kamera, lensa, aksesoris juga akan terdampak. Produksi kamera dan pengembangan gear tahun ini akan melambat karena gangguan supply chain untuk mendapatkan komponen-komponennya. Kamera dan lensa baru yang diumumkan awal tahun pun ditunda waktu launchingnya.

Saya memang sudah tidak lagi bergelut di bidang fotografi secara intense. Tapi sebagai fotografer hobi yang seringkali melakukan street photo untuk mengusir bosan, covid 19 memberikan dampak tersendiri bagi saya.

Memang betul, salah satu industri yang terdampak covid-19 adalah bidang fotografi. Secara komersil industri ini memang terhenti, namun sejatinya kreatifitas selalu tak berbatas! Ya kan?

Kreativitas yang tak berbatas itu bernama Virtual Photo Session

Ditengah-tengah pandemi covid-19 dan menjamurnya pengguna tiktok, sebuah angin segar berseliweran di explore Instagram berupa hashtag #virtualphotosession #virtualphotography . Tapi Tipping Point saya terjadi ketika  ngobrol singkat dengan seorang influencer bernama Nuniek Tirta. Dalam sebuah kolom tanya jawab, saya menceritakan covid yang berdampak pada fotografer. Dan ia merespon dengan mencetuskan virtual photo session ini dengan menyebutkan nama seorang fotografer, michaelcools.

Saya akhirnya mencoba mencari tahu tentang virtual photo session ini. Ada banyak ternyata yang sudah melakukan kegiatan ini. Dan saya pun tertular. Virtual Photo Session ini memang bukan solusi bagi jasa fotografi yang melemah, tapi kegiatan ini bisa menjadi ajang kita untuk tetap berkreasi, dan setidaknya tetap waras di tengah-tengah kebosanan masa karantina ini.

Inilah Virtual Photo Session Ala Saya

Foto: Koleksi Pribadi Penulis

Perlu digaris bawahi ya, hasil fotonya pasti tidak sebersih dan sejernih foto langsung, karena yang difoto adalah layar laptop. Selain itu juga saya harus mengakali kamera agar tidak monoton dan menambah sisi artistiknya.

Saya menggunakan kamera pribadi merk Fujifilm XT-1 dengan lensa manual Mieke 22 mm. Untuk menambah efek yang tidak biasa, saya menambahkan plastik yang diikat diujung lensa dan juga menggunakan segelas air bening untuk jampi-jampi untuk efek pantulan ala ala.

 

Lalu bagaimana saya mencari model fotonya? Saya hanya membuat pengumuman singkat di Instagram Story dan voila! ternyata banyak peminatnya. Setelah ngobrol konsep dan atur schedule melalui direct message Instagram atau WhatsApp, barulah sesi foto virtual dilakukan. Photo Session dilakukan melalui video call, dan saya menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Berikut foto-foto hasil virtual session saya bersama teman-teman. Lihat koleksi lengkapnya di Instagram pribadi saya ya. Selamat Mencoba!

Foto: Koleksi Penulis
Processed with VSCO with m5 preset
Foto: Koleksi Penulis
Foto: Koleksi Penulis
Foto: Koleksi Penulis
Foto: Koleksi Penulis
Foto: Koleksi Penulsi
Foto: Koleksi Penulis
Foto: Koleksi Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Published by

Nissadianty

BookWorm | TalkAtive | Love Photography | FamilyGirl | KnowledgeAddict | TravellingFreak

7 thoughts on “Virtual Photo Session: Kreativitasmu Tanpa Batas!”

  1. Halo Kak Nisa! Found your blog randomly and just wanted to say — I love this virtual photoshoot and of course your writings! Jadi mau coba ngepost in bahasa hehe anyway nice to meet u & stay safe! 🙂

    1. Kita melakukan zoom meeting dengan modelnya. lalu kita motret layar laptop kita. Untuk foto virtual, sebagai fotografer, kita harus pake laptop, atau tab, supaya lebih luas yang bisa di foto, kalau layar hp cenderung sempit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s